Warga Keracunan Kerang Mengandung Arsen

Kendari Pos, Bumi Anoa 2010-07-02 / Halaman 5

Pemkot Baubau mengeluarkan himbauan kepada warganya untuk tidak mengkonsumsi kerang dan jwnis makanan laut lainnya yang berpotensi menyebabkan keracunan. Kadis Kesehatan, dr. Sudil Baenu menyebut, banyak pasien keracunan setelah menyentap kerang-kerangan, baik mabe dan jenis lainnya. “Kita tunggu hasil penelitian balai POM apa penyebabnya keracuanan itu. Apa memang dari kerang atau limbah kimia pabrik”, katanya seperti dikutip Kepala Badan Komunikasi Informasi dan Pengolahan Data Kota Baubau, Sadarman.

Sejak kemarin, pihak Dinkes Kota baubau telah mengirim sampel kerang yang diduga mengandung racun ke Balai POM Sultra dan akan mengetahui hasil penelitiannya pada pekan depan. Untuk diketahui, beberapa waktu lalu beberapa pasien yang dicurigai keracunan mekanan laut itu dirawat di RSUD Baubau dan beberapa Puskesmas seperti di Wajo dan Bungi. Pasien tersebut adalah warga Baubau dan sebagian dari Siompu.

“Memang tidak ada korban jiwa akibat keracunan itu. Dalam kerang juga terdapat beberapa persen arsen. Zat kimia ini bila dikonsumsi akan menimbulkan keracunan bahkan berakibat pada kematian. Mereka yang keracunan saat ini mengalami alergi dan badan terasa keram”, jelas Sudil Baenu lagi. (K1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: