4.000 Hekter Hutan Gambut Jadi Kebun Sawit

Kompas, Nusantara 2010-07-02 / Halaman 22

Hutan Lindung Gambut Pinang Luar dan Hutan Lindung Gambut Sungai Arus Deras di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, seluas 4.034 hektar, telah hancur dan beralih fungsi menjadi perkebunan kelapa sawit. Padahal, konversi hutan itu belum mendapat izin pelepasan kawasan dari Menteri Kehutanan.

Demikian hasil investigasi Yayasan Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam Indonesia (YPHPAI) Kalbar yang disampaikan pada Kamis (1/7). Ketua YPHPAI Kalbar Uray Budjang Kelana mengatakan, selain Pinang Luar dan Sungai Arus Deras, alih fungsi lahan terjadi di Hutan Lindung Sungai Ambawang Kecil, yaitu untuk jalan kebun kelapa sawit.

Peta yang digunakan oleh YPHPAI adalah peta kawasan hutan dan perairan Kalbar yang ditetapkan oleh Surat Keputusan Menhut Nomor 250/Kpts-II/2000. ”Kami melakukan investigasi langsung ke titik koordinat yang ditetapkan dalam peta hutan lindung dengan menggunakan bantuan global positioning system. Semua koordinat yang kami cek ternyata kebun kelapa sawit, padahal seharusnya hutan lindung gambut,” katanya.

Kepala Bidang Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Dinas Kehutanan Kalbar Soenarno mengatakan sudah menerima laporan hasil investigasi. Pihaknya akan mengecek ke lapangan dan menyelidiki siapa yang mengeluarkan izin bagi kebun kelapa sawit itu.

Sementara itu, ekspansi perkebunan kelapa sawit di Sumatera Selatan dinilai mulai mengancam ketahanan pangan. Perluasan lahan yang tak terkontrol membuat perkebunan sawit tidak hanya menggunakan kawasan hutan, tetapi mulai merambah ke lahan pertanian.

Hal itu mengemuka dalam seminar ”Ketahanan Pangan” yang diselenggarakan Walhi Sumsel di Kota Palembang, Kamis. Turut hadir dalam seminar itu Wakil Bupati Ogan Komering Ulu Timur Cholid Mawardi, Norman Jiwan dari lembaga Sawit Watch, dan sejumlah elemen pencinta lingkungan.

Data Dinas Perkebunan Sumsel, hingga akhir tahun 2009 luas perkebunan kelapa sawit berkisar 720.000 ha. Tahun ini ditargetkan luasnya bertambah menjadi 750.000 ha. (AHA/ONI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: