Usai Adipura, Kebersihan Tak Terjaga

Kendari Ekspres, Kota Kendari 2010-07-01 / Halaman 9

Usai penilaian adipura 2010, kegiatan kebersihan mulai tampak kendor. Nampak disejumlah tempat-tempat sampah yang berada di depan jalan dan dekat perkantoran masih dipenuhi sampah hingga jam sembilan pagi keatas.

Mananggapi hal itu, Kepala Dinas Kebersihan Kota Kendari Drs Agussalim, belum lama ini mangatakan bahwa semangat kegiatan kebersihan tidak dipengaruhi oleh usianya penilaian adipura tahun 2010. “Ada dan tidak adanya adipura, kegiatan kebersihan tetap dilakukan, terutama pengangkutan sampah atau kegiatan kebersihan lainnya, yang berhubungan dengan Dinas Kebersihan Kota Kendari”, katanya.

Terkait adanya sejumlah tempat sampah hingga jam sembilan pagi keatas belum dilakukan pengangkutan, Agussalim menjelaskan bahwa disebabkan oleh adanya musim hujan sehingga personel maupun mobil pengangkut sampah diarahkan, untuk mengangkut sedimen-sedimen drainese ataupun kali.

“musim hujan ini banyak saluran-saluran air yang tersumbat, sehingga dilakukan pengerukan. Bila tidak diangkut segera, maka sampah yang telah diangkut tadi dapat masuk kembali. Kami juga tanggap dengan keluhan masyarakat, seperti yang terjadi di Jalan Bunga Matahari karena kalinya tersumbat, sehingga kita kerja keras melakukan dan pengangkutan”, jelasnya.

Namun walaupun demikian, menurut Kadis Kebersihan ini proses pengangkutan sampah tetap dimaksimalkan. “Jadi kita tetap memaksimalkan. “Jadi kita tetap memaksimalkan memelihara kebersihan Kota Kendari. Kalaupun ada adipura, itu merupakan penghargaan pusat terhadap daerah-daerah yang bersih termasuk Kota Kendari. Sehingga perlu kesadaran kita semua untuk menjaga kebersihan, serta melaksanakan jam-jam pembuangan sampah di TPS, selain untuk adipura juga demi mewujudkan Kota Kendari yang bersih”, tambahnya. *P1/B/HEN

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: