Polhut Muna Amankan Satu Unit Truk Berisi Kayu Jati

Media Sultra, Daerah 2010-07-01 / Halaman 7

Anggota Polisi Hutan (Polhut) Dinas Kehutanan Muna, Selasa (29/6) sekitar pukul 12.00 Wita mengamankan satu unit truk bermuatan kurang lebih 20 batang kayu jati tak berdokumen di Kecamatan Wakuru.

Kayu jati tersebut rencananya akan diseberangkan ke Buton. Melihat kondisi kayu yang telah diopname (diberi angka-angka).

Anggota Polhut langsung meminta dokumen kayu itu. Saat sopir mobil tersebut memperlihatkan dokumennya, rupanya dokumen tersebut kosong alias “Dokumen Kosong”, yang ada hanya tanda tangan KUPTD Situdano, KRPH, dan Kades Lamorende.

Salah seorang anggota Polhut Dishut Muna, Ilman mengatakan, dokumen tidak berisi nama pemilik kayu dan jumlah kubikasi juga tidak tertera.

“Jadi saya menganggap bahwa dokumen ini masih sebatas asal usul kayu saja. Akhirnya kami langsung giring ke kantor saja”, ungkap Ilman.

Kepala Bidang Perlindungan dan Pengamanan Hutan Dishut Muna, Arsyad Hariki, membenarkan penangkapan itu. Dirinya mengakui kalau dokumen tersebut kosong. Yang menjadi kecurigaan pihaknya, jangan sampai digunakan berulang-ulang kali.

“Berhubung dokumennya mencurigakan saya perintahkan anggota untuk tangkap itu mobil”, kata Arshad di ruang kerjanya, Rabu (1/7).

Dirinya pun menambahkan, seharusnya pada hari Rabu, (1/7), anggotanya akan mengangkut kayu-kayu temuan di Wakuru. Karena adanya intimidasi-intimidasi oleh para petugas di Wakuru membuat Polhut ketakutan. Pihaknya mencegah jangan sampaiterjadi benturan.

“Alasan mereka sepele saja. Gara-gara saya tangkap itu mobil yang muat kayu, mereka melarang kami membuat kayu temuan tersebut”, paparnya Arshad dengan tandas. (Cr-7/Ms-2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: