Jalan Moramo-Kolono Rusak Parah

Kendari Ekspres, Sultra Ekspres 2010-07-01 / Halaman 6

Kondisi arus jalan dari Kecamatan Moramo menuju Kecamatan Kolono Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), tepatnya digunung Desa Pudaria saat ini rusak parah. Rusaknya jalan tersebut dipicu tingginya curah hujan di daerah itu, yang menguras dan meluluh lantakan pengerasan jalan disekitar gunung pudaria.

Selama hampir dua [ekan berlalu, jalan Moramo-Kolono itu rusak parah. Para pengguna jalan (Pengemudi, red) kenderaan roda dua dan empat, harus menurunkan penumpangnya untuk bisa melewati arus jalan yang rusak tersebut.

Saking parahnya jalan itu, biasanya mobil angkutan umum mogok ditengah jalan. Agar bisa lolos dari jebakan lumpur, merekapun terpaksa menunggu mobil yang lewat untuk saling membantu, yakni dengan cara saling menarik. Antrean tarik menarik mobil itu juga dialami rombongan anggota legislatif yang melakukan kunjungan lapangan di Kolono. “Memang jalan gunung Pudiria ini telah lama rusak, diperparah lagi dengan turunnya hujan deras yang mengalir dibadan jalan, akibat tidak adanya draenase”, tutur Abdul Halik, anggota legisletif Konsel, Rabu (30/6).

Abdul Halik yang juga mengantongi Dapil Moramo-Kolono itu, menyayangkan Pemkab Konsel yang dianggapnya sangat lamban menangani jalan yang rusak itu. “Padahal jalur jalan ini, menghubungkan Kota Kendari dengan Kabupaten Buton Utara. Sedikitnya puluhan mobil melintasi jalur jalan ini, untuk memasarkan hasil pertaniannya, termasuk masyarakat Moramo-Kolono”, tuturnya.

Politikus asal Partai Bulan Bintang itu, meminta kepada Pemkab Konsel untuk menangani jalan yang rusak tersebut dengan sesegera mungkin. “Jika belum ada anggaran yang tersedia untuk perbaikan jalan yang rusak ini, paling tidak Dinas PU Konsel, berinisiatif untuk menggunakan dana bencana alam yang setiap tahunnya diposkan dalam pembahasan anggaran”, tegasnya. *CR2/B/LEX

One Response

  1. semoga cepat terealisasi…….!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: