Ganti Rugi Tanah Warga Oleh PT. Billy Belum Jelas

Media Sultra, Daerah 2010-07-01 / Halaman 7

Nasib beberapa warga pemilik lahan di Desa Torobulu Kecamatan Palangga Selatan Kabupaten Konawe Selatan terkait ganti rugi lahan oleh PT. Billy belum ada kejelasan.

Keinginan warga untuk mendapatkan ganti rugi Rp 25 juta per hekternya yang sedang diperjuangkan beberapa anggota dewan Konsel belum mendapat titik terang. Bertindak sebagai fasilitator adalah pemerintah daerah.

Ketua Komisi C DPRD, Syarifuddin Pariwusi, Rabu, (30/6) mengungkapkan, pemerintah Kabupaten masih bertahan dengan harga sebelumnya yaitu Rp 10 juta per hekternya Pemda beranggapan, pembayaran itu bukan ganti rugi tanah melainkan ganti rugi lahan garapan karena lahan tersebut milik konsesi PT. Inco (tanah negara) yang tidak mesti diganti rugi.

“Saat ini pemerintah bertahan pada Rp 10 juta padahal perusahaan siap saja bayar Rp 25 juta. Yang kita sesalkan kenapa mereka mesti bertahan seperti itu sementara perusahaan siap bayar”, kata Syarifuddin Pariwusi.

Namun demikian, ia berjanji akan mencari solusi lain jika pemerintah daerah tetap bersi keras mempertahankan keputusannya.

Hingga saat ini, PT. Billy tetap melaksanakan aktifitasnya membuka akses jalan menuju lokasi eksploitasi tambang diatas tanah warga yang belum tuntas ganti ruginya itu.

Beberapa ahli waris tanah dilokasi itu yang sempat ditemui Media Sultra mengaku kecewa dengan tindakan pemerintah yang dinilai sewenang-sewenang.

“Kalau perusahaan pemerintah kita tidak apa ji, ini perusahaan swasta yang mau kasi kaya dirinya sendiri. Perusahaan dia sudah mau bayar 25 juta satu hekter, pemerintah dia tahan jadi 10 juta sa curiga sisanya mereka yang ambil”, kata Sape salah seorang warga. (Cr-5/Ms-2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: