Rumput Laut Komoditas Unggulan Sultra

Media Sultra, Ibukota 2010-06-30 / Halaman 6

Pengembangan rumput laut di Sultra mendapt perhatian serius dari pemerintah karena k0moditi ini dianggap sebagai komoditas unggulan Provinsi Sultra.

Hal ini dikemukakan Kepala Bappeda Sultra, La Ode Ali Hanafi dalam sambutannya yang dibacakan Kabid Pemantauan dan Evaluasi, Bappeda Sultra, Yanas, pada acara lokakarya pengembangan rumput laut sebagai komoditi unggulan dan penggerak ekonomi local Sultra di Aula Hotel Attaya, Selasa (29/6).

Mengingat komoditas rumput laut ini menjadi salah satu primadona Sultra maka dalam RPJM Provinsi Sultra tahun 2008-2013, direncanakan pembudidayaan rumput laut yang berbasis klaster sehingga dapat lebih berkembang dan berkelanjutan.

Kegiatan tersebut turut dihadiri kepala SKPD lingkup Provinsi Sultra, Kepala Bappeda Kabapaten/Kota, diantaranya Kepala Bappeda Kebupaten Konawe Selatan, Kota Kendari dan Kabupaten Kolaka, LSM, UKM serta kelompok rumput laut dan asosiasi rumput laut se-Sultra.

Rangkaian kegiatan tersebut, juga digelar dialog yang membahas tentang bagaimana mengatasi berbagai masalah yang dihadapai petani rumput laut, serta bentuk inventarisasi pihak yang terlibat dalam pemecahan masalah, baik pemerintah, swasta maupun perorangan.

Dijelaskannya, untuk Sultra, area budidaya rumput laut yang belum dikelola mencapai 36 ribu hekter, yang diproyeksikan dapat memproduksi rumput laut sebesar 262 ton per tahun.

Luasan pengembangan paling berpotensi berada di Kabupaten Buton dan paling sempit di Kota Kendari. Hingga saat ini, potensi rumput laut di Sultra yang dimanfaatkan sebanyak 21,1 persen, dengan produksi rumput laut kering setiap hekter area mencapaui 1,3-3,84 ton, budidaya yang dilakukan 3-5 siklus setiap tahunnya. (M-5/Ms-3)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: