Penindakan Butuh Keterpaduan

Kompas, Lingkungan & Kesehatan 2010-06-30 / Halaman 13

Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan sulit menjerat auktor intelektualis dan pemodal pembalakan liar. Baik auktor intelektualis maupun pemodal itu bisa dijerat hukum jika penegak hukum mau memadukan berbagai undang-undang lain.

Staf Center for International Forestry Research, Topo Santoso, menyatakan, pemidanaan pembalak liar jangan terjebak kerangka hukum Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan semata. ”Aparat penegak hukum harus berani menerapkan kerangka hukum tindak pidana korupsi, pencucian uang, kepabeanan, juga lingkungan hidup. Dengan cara itu, kelemahan UU Kehutanan teratasi,” kata Toto selaku pembicara dalam seminar ”Penggunaan Instrumen Antikorupsi dan Anti-Pencucian Uang di Sektor Kehutanan” di Jakarta, Selasa (29/6).

Direktur Penyidikan dan Perlindungan Hutan Kementerian Kehutanan Awriya Ibrahim membenarkan, perumusan tindak pidana kehutanan dalam UU Kehutanan sulit menjerat pemodal, pendukung, dan backing bisnis pembalakan liar. ”UU Kehutanan juga sulit menjangkau pencucian industri kayu, pencucian perdagangan satwa dan tumbuhan liar,” ujarnya.

Jaksa Agung Muda Pidana Umum Hamzah Tadja menyatakan, penegakan hukum pembalakan liar selalu gagal menjerat dalang atau cukong bisnis itu karena menggunakan pendekatan ”membawa kayu”.

”Padahal, dalang dan cukong tidak pernah membawa kayu sehingga yang tertangkap hanya pembalak atau pengangkut. Untuk menangkap dalang atau cukongnya, kita atau mengejar uangnya. Untuk melacak larinya uang kita harus terapkan UU Tindak Pidana Pencucian Uang. Tindak pidana korupsi juga harus diterapkan dalam pemidanaan kehutanan,” kata Hamzah.

Anggota Tim Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum, Mas Ahmad Santosa, menyatakan, perlu pembaruan pemidanaan pembalak liar. ”Pemidanaan yang tidak menyentuh auktor intelektualis tidak berefek jera. Itulah penyebab terus berulangnya kasus pembalakan liar,” kata Mas Ahmad. (ROW)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: