Hutan Jadi Pertambangan

Kompas, Nusantara 2010-06-30 / Halaman 23

Hutan lindung seluas 14.000 hektar di kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone dialih fungsi untuk pertambangan. Namun, mekanisme pertambangan harus ramah lingkungan agar tidak merusak taman nasional.

Hal itu dikatakan Ketua Tim Terpadu Peruntukan dan Fungsi Kawasan Hutan Provinsi Gorontalo Budi Prihanto, Selasa (29/6) di Jakarta, saat dihubungi dari Makassar.

Menurut dia, penambang wajib memiliki desain tentang pengelolaan kawasan penyangga di areal hutan produksi. Hal ini untuk menjaga kawasan hulu Sungai Bone dan kawasan taman nasional lain.

Alih fungsi untuk pertambangan itu diatur dalam peta Blok Kontrak Karya dan Kuasa Pertambangan milik Dinas Kehutanan dan Pertambangan Provinsi Gorontalo. Kawasan yang dialihfungsikan dari hutan lindung menjadi hutan produksi ini dikontrak perusahaan swasta.

Budi berdalih alih fungsi lahan bertujuan memperbaiki kerusakan lahan akibat penambangan emas liar yang kini dilakukan 6.000-8.000 penambang.

”Flora dan fauna endemik tidak akan terganggu karena bisa hidup pada beberapa ekosistem lain di kawasan taman nasional. Tim pengkaji juga akan memastikan adanya kawasan penyangga agar banjir besar tidak terjadi di Kota Gorontalo,” kata Budi.

Pemerhati lingkungan hidup Danny Pomanto menilai, langkah mengubah fungsi hutan lindung menjadi hutan produksi untuk tambang itu berisiko. ”Perlu ada analisis mendalam tentang pola aliran air. Jika tidak diantisipasi secara tepat, akan memperparah banjir di Kota Gorontalo,” katanya.

Tim pengkaji juga harus menghitung debit air dari curah hujan yang saat ini sangat sulit diprediksi akibat ekstremitas perubahan iklim. (RIZ)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: