Penambangan Liar Dibekengi Aparat

Kendari Pos, Bumi Anoa 2010-06-28 / Halaman 6

Pemerintah bupati Buton yang melarang aktivitas penambangan pasir di Kecamatan Batauga tak digubris. Sejumlah oknum aparat bahkan ditengarai memanfaatkan surat keputusan itu untuk meraup keuntungan. Sebab nyatanya, penambangan pasir masih terus berjalan dan disiratkan mendapat legalitas oknum aparat Sat Pol PP dan Dinas Pertambangan Buton yang bertugas menjaga palang jalan.

Truk pengangkut pasir dibiarkan melintas jika para sopir memberikan uang setoran yang jumlahnya antara Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu kepada para petugas palang.ktivitas penambangan liar pun dilakukan pada malam hari.

Pantauan koran ini, sekitar pukul 20.00 Wita, truk-truk pengangkut pasir mulai berdatangan ke lokasi peryambangan. Salah seorang sopir berinisial OM mengaku melakukan aktivitas pertambangan pada malam hari karena melihat teman-temannya sesama sopir yang diperbolehkan menambang  pada malam hari.

“Saya tidak keberatan dengan pungutan itu asal jelas masuk ke kas daerah”, kata OM. Ia juga mengaku pernah mempertanyakan kepada petugas palang jalan, apakah aktivitas penamba;ngan pasir boleh dilakukan siang hari. Namun, petugas jaga mengatakan, waktu menambang hanya boleh dilakukan malam saja.

Aparat yang melakukan pungutan liar sesuai pengakuan OM mengatakan, mereka hanya melakukan perintah atasan.

Kadis Pertambangan Buton, Radjiun yang coba dikonfirmasi melalui polselnya, enggan berkomentar. Bupati Buton LM. Sjafei Kahar yang ditemui di rumah jabatannya di Kota Baubau sontak kaget mendengar informasi itu.Ia langsung memperintahkan Asisten II, Ld. Hasimin untuk memimpin langsung inspeksi mendadak ke lokasi tambang pasir di Batauga dan melakukan koordinasi dengan Polres Buton. “Kalau ada penambang liar, langsung tangkap saja”, tegas Sjafei kepada Hasimin di hadapan sejumlah wartawan, Jumat (25/6) malam lalu. (yaf)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: