Investor Siap Tampung Jagung di Muna

Kendari Ekspres, Sultra Ekspres 2010-06-24 / Halaman 16

Kabar gembira bagi petani jagung Muna. problem pasar yang selama ini selalu menjadi keluhan para petani jagung kini mulai terjawab dengan hadirnya investor yang siap menampung jagung para petani. Adalah CV. Cendana Mas, siap menampung dan membeli hasil tani jagung masyarakat dengan harga ekonomis.

Direktur CV. Cendana Mas, Herry Janto Setiawan mengatakan, pihaknya sangat tertarik dengan jenis jagung yang diproduksi petani Muna. Sehingga, ia berniat membuka akses pasar bagi para petani jagung. Bahkan, pihaknya berapun jagung yang bisa dihasilkan para petani, perusahaan miliknya siap membeli.

Menurut Herry Janto, sebenarnya perusahaan CV. Cendana Mas dari 2007 ada di Muna. Konsentrasi usaha yang dilakukan jual beli jagung. namun, skala usahanya masih cukup kecil mengingat informasi tentang keberadaan usaha mereka belum sepenuhnya merambah ke telinga para petani. Selama ini, CV Cendana Mas hanya bermitra dengan para petani jagung yang ada di Kecamatan Kabangaka. “Di Kecamatan Kabangka kita dibantu dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) setempat. Dan hasilnya, bisa kita katakan cukup memuaskan karena masyarakat yang ada di sana perlahan mulai menyadari tentang adanya akses pasar jagung ini”, ujar Herry janto, belum lama ini.

Mengenai jenis jagung yang siap dibeli lanjut dia, adalah jenis jagung kuning. Bukan jagung lokal yang selama ini dibudidayakan para petani di Muna. Dan untuk harganya, perkilonya dihargai Rp 1.500. “Kalau di Jawa, lahan satu hekter itu bisa kita produksi 10 ton jagung. Kalau disini saya lihat, dalam satu hekter itu berkisar 4 hingga 5 ton. Tapi itu tidak jadi soal, yang penting ada kemauan dulu dari masyarakat setempat”, tukasnya.

Sementara itu, PPL Desa Wansuli Kecamatan Kabangka, Tahir SP, kehadiran CV. Cendana Mas untuk membeli jagung para petani sangat membentu dan meningkatkan gairah petani jagung. *M1/B/LEX

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: