13.415 Hutan Produksi Muna akan Beralih Jadi HTR

Media Sultra, Daerah 2010-06-24 /Halaman 7

Sebanyak 13.415 hekter hutan produksi di Kabupaten Muna akan dialihkan menjadi Hutan Tanaman Rakyat (HTR). Hutan seluas itu tersebar disejumlah kecamatan seperti, Kecamatan Napanokusambi, Kusambi, Watupute, Barangka, Lasalepa.

Direncanakan dalam pengelolaan HTR ini akan diberikan kuasa perizinan kepada individu dan koperasi dengan jangka waktu 60 tahun dan bisa diperpanjang sampai 35 tahun lagi.

Hal tersebut terungkap dalam sosialisasi Hutan Tanaman Rakyat (HTR) Kabupaten Muna yang diselenggarakan oleh Balai Pemantauan Tanaman Rakyat Hutan Produksi (BP2HP) wilayah XV Makassar bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Kabupaten Muna. Sosialisasi ini, diikuti oleh berbagai pihak, diantaranya, aparatur pemerintah, dan LSM bertempat di Hotel Alia, Raha, Senin (22/6).

Muhamrah Gusra dari BP2HP mengatakan, sosialisasi tersebut untuk percepatan pembangunan hutan tenaman rakyat. Tujuannya memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang pembangunan HTR, pengurusan legalitas, serta pengelolaannya.

“Dalam perizinan HTR tidak bisa diwariskan kepada ahli waris. Kalau sang pemegang izin meninggal sedangkan masa perizinan belum selesai, ahli waris bisa mengajukan permohonan kembali pada lokasi yang sama”, ujar Muhamrah.

Dalam pengelolaan HTR akan dilakukan dalam 3 metode penyelenggaraan yakni pola kemandirian, kemitraan, kemitraan dan developer. Selain itu pemerintah juga menyediakan pola pinjaman dana dana bergulir yang dipersiapkan kepada masyarakat ataupun koperasi guna kelancaran HTR Muna.

Dari hasil sosialisasi dapat banyak masukan dari masyarakat sekitar dan LSM untuk lebih meningkatkan optimalisasi pembangunan hutan tanaman rakyat. Dari hasil diskusi dapat diketahui berbagai permasalahan dalam masyarakat terkait legalitas HTR. Sosialisasi berjalan lancar, interaktif dan sesuai tujuan yang diharapkan. (CR-7/Ms-2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: