Dishut Muna Tangkap Jati Curian

Kendari Pos, Bumi Anoa 2010-06-23 / Halaman 5

Pohon Jati sebagai ikon Kabupaten Muna, setiap hari jumlahnya terus berkurang. Bisa jadi Muna ke depan, tidak lagi dikenal sebagai penghasil jati. Di kampung-kampung yang dahulu terdapat banyak pohon jati, kini semua telah gundul. Tengok saja sepanjang jalan Tampo-Raha, Raha-Watoputeh dan Kusambi yang kini jatinya hampir tak ada lagi. Hutan tersebut, berganti dengan kebun-kebun warga.

Meski Dinas Kehutanan melakukan pengawasan, aksi pencurian kayu jati terus berlangsung. Kemarin, Polisi Kehutanan Dishut Muna mengamankan 17 batang kayu jati yang ditebang secara liar.

Penangkapan 17 batang kayu jati tersebut, dilakukan dua kali. Dimalam hari, Polhut Muna mengamankan 7 batang jati berbentuk log dengan diameter 22 cm. Pagi harinya, di jalan Salepa Kecamatan Katobu, kembali diamankan 10 batang jati berbentuk pacakan.

’’Kayu-kayu tersebut, semua tanpa dokumen resmi,’’ ungkap Ilman, anggota Polhut Muna yang menangkap kayu tersebut.

Jati tersebut, berasal dari hutan Desa Lakapodo, yang akan dijual kepada penadah. Saat ditahan, sopir mobil  tidak dapat menunjukan dokumen. Imran lalu digiring ke Dinas Kehutanan untuk diperiksa.

Pengakuan Imran, dihadapan penyidik Kehutanan, mengaku, mobilnya disewa pemilik kayu di Desa Lakapodo, untuk mengantarkan ke Raha. Belum juga sampai ditempat tujuan, ia langsung ditangkap bersama barang bukti jati.

Arsyad Hariki, Kabid Pengamanan dan Perlindungan Hutan Dishut Muna mengatakan, saat ini pihaknya terus menggali informasi, perihal kepemilikan kayu tersebut. ’’Sopir dan truk mobil sementara kami tahan,’’ sebutnya. Bila ada informasi kepemilikan kayu tersebut pihaknya, langsung melakukan penangkapan.

Untuk menjaga jati-jati di Raha dari pencurian, lanjut Arsyad Hariki, institusinya meningkatkan pengawasan. Caranya, dengan memfungsikan kembali posko-posko pengawasan hutan dan mengaktifkan petugas Polhut dilapangan. ’’Bagi Polhut yang membekengi pencurian kayu, kami akan sanksi dan proses hukum,’’ tegasnya.(awn)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: