Bombana Target 62.371 Ton

Kendari Ekspres, Sultra Ekspres 2010-06-23 / Halaman 6

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana memasang target produksi perikanan budidaya pada 2014 sebesar 62.371 ton. Target produksi antara Pemkab Bombana dan Kementerian Perikanan dan Kelautan pada Mei 2010. Kalkulasi produksi komoditas sektor ini terdapat delapan jenis, yakni udang windu, udang vaname, rumput laut, kerapu, bandeng, nila emas, dan lele.

“Untuk produksi perikanan budidaya, Bombana termasuk penghasil terbesar di Sultra setelah Kolaka”, sebut Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Bombana, Dra Hj Andi Radjia Atikurahman, kepada Kendari Ekspres, Selasa (22/6).

Adanya target itu, kata dia, seiring dengan tingginya angka produksi delapan komoditas itu, khususnya ikan bandeng pada kisaran 17.000 ton per tahun dan rumput laut sekitar 29.990 ton per tahun. Namu, pihaknya belum merampungkan data produksi tiga tahun terakhir pada komoditas tersebut.

Menurut Andi Radjia, kawasan produksi ikan bandeng terdapat pada lima kecamatan, yakni Lantari Jaya, Rarowatu Utara, Poleang Timur, Rumbia, dan Poleang Selatan, sedangkan rumput laut terdapat hampir di seluruh wilayah Kabaena, Masolokaraya, Mataoleo, Poleang Timur, dan Poleang Barat. “Kami telah membantu petani tambak dan rumput laut dengan sarana produksi”, tuturnya.

Untuk mewujudkan target itu, pihaknya akan memaksimalkan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2010 senilai Rp 4 miliar lebih guna memacu petani tambak untuk meningkatkan produksi. Pasalnya, tiap tahun harus ada peningkatan produksi 60,32 persen dari delapan komoditas tersebut. “Kami juga mengacu pada target Pendapatan Asli Daerah (PAD) 2010 yang dipatok Rp 150 juta. Tapi strategisnya pada 2014. Musah-mudahan dapat tercapai”, harapnya. *P3/B/MAH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: