Umpan Terbatas, Puluhan Armada Nelayan ‘Nganggur’

Media Sultra, Daerah 2010-06-22 / Halaman 7

Puluhan armada nelayan penangkap cakalang warga kelurahan Bone-bone Kota Baubau kini terpaksa harus berhenti beroperasi. Kendalanya adalah keterbatasan umpan.

Kondisi ini sudah dialami nelayan dalam kurun waktu dua bulan terakhir. Mereka terpaksa harus mengelus dada untuk berpikir guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Beberapa orang nelayan yang ditemui mengaku, anak buah kapal (ABK) jenis viber glass saat ini hanya menanti informasi sampai ada pasokan umpan untuk memulai melaut.

“Kalau tidak ada umpan begini terpaksa kita nganggur sampai ada informasi kalau sudah ada umpan baru mulai lagi”, ujar Udin salah seorang ABK kapal.

Kata Udin, selama tidak melaut tugas piket harian pun tetap berjalan. Tugas tersebut diatur sesuai kesepakatan dengan seluruh awak kapal.

Sebelum ada informasi fasilitas umpan yang memadai, para nelayan pun tak ingin mengambil resiko melaut.

Pasalnya, jika tidak dilakukan perhitungan metang hanya akan membuang ongkos. Apalagi setiap kali melaut dipastikan mengeluarkan biaya jutaan rupiah. Diantaranya untuk kebutuhan bahan bakar dan akomodasi serta kebutuhan seluruh awak kapal sepuluh orang.

“Dalam sekali melaut kita bisa habiskan sekitar Rp 2 juta rupiah, itu belum dipastikan jika hasil tangkapan mencukupi dua palka”, kata La Adi ABK lainnya.

Pantauan Media Sultra, warga nelayan Kelurahan Bone-bone merupakan komunitas nelayan terbesar di Kota Baubau. Ada sekitar 400 KK tercatat sebagai nelayan khususnya penangkap cakalang.

Saat ini para nelayan Kota Baubau sudah dapat menikmati fasilitas SPBN yang mensuplai bahan bakar bagi para nelayan. Lokasinya di peisir pantai sehingga mudah diakses kapal nelayan. (din)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: