Kementerian Kelautan Latih Warga Wakatobi

Kendari Pos, Bumi Anoa 2010-06-22 / Halaman 5

Masyarakat Wakatobi mendapat kesempatan menimba ilmu dari  Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan. Pasalnya, Dirjen itu menggelar pelatihan peningkatan kualitas lingkungan berbasis masyarakat (PKLBM) di pulau-pulau kecil, termasuk di Kabupaten Wakatobi.

Pelatihan dilakukan di setiap pulau-pulau kecil di Indonesia. Seperti dilakukan baru-baru ini di Pulau Wawonii, Bungku Limau, Bangka Belitung, Tual Ambon, Karimun Jawa dan daerah-daerah kepulauan lain.

’’Pelatihan itu menggandeng ahli dari intansi lain, seperti ahli lingkungan dari IPB, ahli pengelolaan sampah, kementerian kesehatan RI,’’ kata Kasubid Pengelolaan Ekosistim Pulau-Pulau Kecil RI, Amna Yunus.

Menurut wakil bupati, Ediarto Rusmin,  warga sangat antusias mengikuti pelatihan. Utamanya, kaum perempuan, mereka belajar membuat kerajinan tangan dari sampah jadi barang yang berguna. Contohnya seperti membuat tas cantik, mantel hujan dan aneka ragam barang lainnya.

’’Masyarakat Wakatobi sudah harus menjaga lingkungannya dengan sebaik-baiknya. Karena dengan menjaga atau melestarikan lingkungan maka keberlangsungan lingkungan, kesehatan, dan sumber mata pencarian serta dampak lain dapat terasa. Sebaliknya kalau lingkungan tak mendukung maka dampak buruk akan terasa,’ jelasnya.

Pemerintah kabupaten (Pemkab) telah menjadikan Wakatobi sebagai daerah pariwisata bawah laut, kalau lingkungannya tidak diperhatikan akan dapat berdampak kerusakan di alam bawah laut. Alasanya, terumbu karang yang jadi andalan, secara bertahap akan mati, jika lingkungannya tidak diperhatikan. Sampah-sampah plastik yang setiap hari diproduksi kalau dibuang ke laut akan menutupi tumbuhnya terumbu karang.(cr1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: