Pemasaran Jelas Produksi Jagung Kabangka Meningikat

Media Sultra, Daerah 2010-06-21 / Halaman 7

Produksi Jagung di Kecapamatn Kabangka Kabupaten Muna meningkat. Jika pada 2007 hasil produksinya sekitar 20 ton, tahun 2009 meningkat menjadi 190 ton. Sedangkan potensi lahan sekitar 400 hekter utamanya di desa Komba-komba, Wansuli dan Sari Mulyo.

Menurut tenaga penyuluh pertanian lapangan Desa Wansulu, Kabangka, Tahir, mengatakan, selain dibantu PPL, meningkatnya gairah produksi petani karena telah ada pihak ketiga seperti CV. Cendana Mas yang membantu pemasaran produksi yang selama ini menjadi kendala terbesar petani.

“Kehadiran CV. Cendana Mas untuk membeli jagung para petani sangat membantu dan meningkatkan gairah petani jagung. Tahun 2007, awal bermitra dengan Cendana, produksi petani hanya 20 ton. Tahun 2009 meningkat 190 ton dan tahun 2010 ini ditargetkan 300 ton”, ungkapnya.

Sementara itu, direktur CV. Cendana Mas, Herry Janto Setiawan, mengatakan, pihaknya siap membeli harga tanaman khusus petani jagung. Menurut Herry, investasi di Muna berawal pada benyaknya keluhan petani jagung terkait pemasaran. Ditambah lagi tidak adanya jaminan harga yang mengakibatkan kerugian petani karena harga jagung sering anjlok di pasaran.

“Saya sudah katakan pada petani, ketika kami sosialisasikan jangan takut menanam jagung kuning saya akan mencarikan pasarannya”, ungkap Herry.

Jagung yang dibeli dari petani, selanjutnya diproduksi menjadi pakan ternak dan dijual ke Surabaya. Umumnya, jagung diambil dari Kecamatan Kabangka. Sebagai kontribusi kepada petani pihaknya juga membantu bibit dan alat penghalau babi. Selama ini hewan ini menjadi kendala petani meningkatkan produksinya.

“Saya harapkan dengan kehadiran kami bisa sebagai bentuk dukungan pada petani untuk menanam jagung”, pungkas Harry. (Cr-7/Ms-2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: