Penanggulangan Degradasi Lahan Tanggung Jawab Semua Pihak

Media Sultra, Daerah 2010-06-18 / Halaman 7

Degradasi lahan yang melanda dunia saat ini harus menjadi perhatian dan tanggung jawab seluruh masyarakat sehingga pembangunan berkelanjutan tetap terlaksana dengan baik.

“Demikian diungkapkan Walikota baubau, MZ Amirul Tamin saat membacakan sambutan Menteri Kehutanan RI, Zulkifli Hasan pada Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Tahun 2010, di halaman kantor Walikota Palagimata baubau, Kamis (17/6). Dikatakan, penyelenggaraan peringatan Hari Penganggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan sedunia sangat penting, untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang permasalahan degradasi hutan dan lahan yang ada saat ini.

“Indonesia meratifikasi konvensi penanggulangan degradasi lahan pada tahun 1998 dan hingga saat ini lebih dari 193 negara telah meratifikasi Konvensi Penanggulangan Degradasi Lahan (United Nation Convention to Combat Desertification / UNCCD)”, ungkapnya.

Tema peringatan kali ini yakni “Memeperbaiki tanah dimana-mana”. Kata walikota, tema ini sangat dalam, dimana kita diingatkan bahwa degradasi lahan dan kekeringan sangat terkait dengan aspek-aspek kehidupan manusia, bahkan untuk kehidupan dimasa depan sehingga meningkatkan konsekwensi sosial baik untuk menanggulangi penyebab degradasi lahan maupun untuk kerjasama sosial antar negara-negara berkembang dengan negara maju.

“Peringatan Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan kali ini bukan hanya seremonial saja tetapi bisa diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari”, katanya.

Amirul mengingatkan, jika pembangunan berkelanjutan ingin berjalan baik, dan tidak ingin melihat kejadian bencana alam yang lebih besar, maka upaya pemecahan maslaha degradasi hutan dan lahan harus terus dilakukan secara bersungguh-sungguh. (Has)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: