DPRD Kota Kurang Komunikasi Dengan Dinas

Kendari Pos, Metro Kendari 2010-06-18 / Halaman 9

Salah satu fungsi DPR yaitu sebagai fungsi pengawasan. Sayang, fungsi ini kurang dijalankan anggota DPRD Kota Kendari. Tapi, itu bukan disebabkan dari dewan saja, melainkan dari mitra yang kurang komunikasi dan koordinasi dengan anggota dewan kota.

“Salah satu fungsi kami adalah pengawasan. Bentuk pengawasan kami, inisiatif dari komisi yang ditindaklanjuti ke saya atau boleh dari pengunjuk rasa kalau ada penyimpangan di lapangan, dilaporkan ke kami  supaya sesuai mekanisme. Kalau ada pengawasan atau kritikan seperti itu pada kami, membangun dan positif. Karena di Kota Kendari ada 64 kelurahan. Kalau tidak ada support dari lembaga lain, untuk mengawal pembangunan, sangat susah untuk mewujudkannya,” kata  Ketua DPRD Kota Kendari, Abd Rasak, kemarin.

Contoh konkrit kurangnya pengawasan dari dewan kota yakni terkait Amdal tiap bangunan ruko yang ada di Kota Kendari seperti yang dirilis Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota beberapa waktu lalu, ada ratusan ruko yang tak mengantongi Amdal.

Rasak menjelaskan, ada mekanisme yang harus dilalui. Karena disyaratkan ada proses. Selain itu, ada instansi teknis yang harus melakukan kajian kemudian diteruskan ke mitra kerja dalam hal ini instansi tehnis yang mengurusi soal Amdal.

“Memang komunikasi dengan mitra kurang. Tentu ini jadi kendala di DPRD Kota. Tapi, saya sudah mengikuti pertemuan yang diselenggarakan Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) baru-baru ini. Kita akan lebih libatkan masyarakat melalui kajian strategis lingkungan hidup,” jelasnya.

Bakal dilibatkannya masyarakat, lanjut dia, lebih dikarenakan, Amdal lebih ke ahli. “Kita libatkan masyarakat karena lebih tepat sasaran. Mereka lebih dalam dan berhadapan langsung dengan kondisi di lapangan,” tandasnya. (dri)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: