Akses Kendari-Konsel Terputus

Kendari Pos, Bumi Anoa 2010-06-17 / Halaman 5

Hujan yang mengguyur hampir seluruh wilayah Konawe Selatan, hingga kemarin mulai memberi dampak. Satu ruas jalan dan jembatan yang menghubungkan Kendari-Andoolo di Desa Rambu-rambu, Kecamatan Laeya kini putus. Jembatan dengan bentangan delapan meter itu  roboh dan tak dapat dilalui kendaraan roda empat. Untuk menjangkau Kendari atau sebaliknya, pengguna jalan harus memutar melalui Punggaluku-Torobulu-Tinanggea atau melalui Watudemba, Kecamatan Palangga.

Jembatan yang terletak kurang lebih 500 meter dari Polres Konsel itu roboh sekitar pukul 17.00 Wita (15/6) lalu akibat banjir besar. Jalur penghubung berkonstruksi beton yang dibuat sejak tahun 1982 tersebut akhirnya ambruk setelah tak mampu menahan arus banjir, termasuk luapan limbah kayu dari hulu sungai. Hingga kemarin, antrian kendaraan roda empat dan dua dari dua arah berlawanan masih terlihat.  ” Tidak ada jalur lain untuk menembus jalan ke Kendari karena luapan banjir masih menggenang di sekitar jembatan yang putus. Karena itu Kami memilih jalan lingkar di pertigaan Palangga ke Torobulu,” ujar Wanto salah seorang pengendara roda empat dari Andoolo, kemarin.

Camat Laeya, Samsu Anaopa yang mengetahui wilayahnya terkena dampak banjir dan mengakibatkan putusnya satu jembatan langsung melakukan pemantauan sekaligus memberi arahan pada pengendara untuk melanjutkan perjalanan melingkar melalui Torobulu. ” Saya sudah turun lihat, memang jembatan tersebut tidak dapat dilalui. Saya juga sudah menyampaikan kepada masyarakat dan Kepala Desa untuk bergotong royong dalam pekan ini membuat jembatan darurat dari batang kelapa,” ujarnya saat ditemui kemarin.

Kabag Pembangunan Setkab Konsel, Muh. Yamin Renggala yang ditemui di lokasi rusaknya jembatan juga mengaku telah melakukan pengukuran konstrukis untuk dilaporkan ke Pemkab dan Pemprov. ” Betul ini jalan provinsi, tetapi pemerintah kabupaten akan segera membangun jembatan darurat agar secepatnya dapat dilalui kendaraan,” katanya singkat. (era)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: