Risiko Bencana Bisa Dikurangi

Kendari Ekspres, 2010-06-16 / Halaman 1

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), DR Syamsul Maarif kepada wartawan koran ini di Kendari, Selasa (15/6), mengatakan bencana alam tidak bisa dihilangkan atau dikurangi baik jumlah kejadian maupun besar kecilnya bencana, tapi risiko  terhadap korban bisa saja diupayakan dikurangi.

Olehnya itu, tambah Syamsul Maarif, sosialisasi peragaan bencana perlu dilakukan di masyarakat luas. Bahaya terhadap bencana bisa saja membuat korban menderita akibat tidak lagi mempunyai tempat tinggal, bahan makanan berkurang, dan bahkan bisa membawa korban jiwa, untuk itu perlu tindakan prevebtif sebelum terjadi bencana.

“Sebagai upaya meminimalisasi hal tersebut, maka BNPB dan sejumlah tim teknisnya menyosialisasikan kemungkinan yang terjadi pasca bencana dan cara mengantisipasinya”, ujar Syamsul Maarif di hadapan rapat koordinasi teknis regional Sulawesi dalam rangka evaluasi dan persiapan pelaksanaan program rehabilitasi dan rekontruksi pasca bencana tahun anggaran 2009-2010 yang berlangsung di Aula Sangi Ni Bandera Rumah Jabatan Gubernur Sultra, kemarin.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Sultra H Nur Alam mengungkapkan, BNPB Sultra saat ini telah membentuk tujuh BNPB kabupaten/kota sebagai upaya untuk memudahkan memberikan penganan terhadap korban di daerah bersangkutan jika seandainya terjadi bencana, termasuk kemudahan untuk mendistribusikan bantuan. “Kedepan BNPB kabupaten/kota akan dibentuk di 12 kabupaten/kota di Sultra”, katanya.

Sementara itu Kepala BNPB Sultra, H Umar Abibu melaporkan untuk sementara ini sarana dan prasarana BNPB Sultra masih sangat terbatas, terutama sarana kantor. “Mudah-mudahan ke depan keterbatasan ini secepatnya teratasi”, kilahnya.

Rapat koordinasi teknis regional Sulawesi di IKendari, diikuti oleh BNPB Sulsel, Sulbar dan tuan rumah Sultra. *DUL

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: