MOU PT.DJL Ditinjau Ulang

Kendari Pos, Bumi Anoa 2010-06-16 / Halaman 5

Tim pemerintah kabupaten serta Komisi I dan II DPRD Kolaka akhirnya sepakat melakukan tinjauan lapangan untuk menuntaskan sengketa tumpang tindih kepemilikan lahan di perkebunan kelapa sawit yang dikelola PT. Damai Jaya Lestari (PT DJL).

Keputusan itu diambil dalam rapat dewan bersama Sekretaris Kabupaten Kolaka, Andi Syahruddin, kemarin. Ketua DPRD Kolaka,  Parmin Dasir mengatakan selain masalah tumpang tindih kepemilikan lahan, tim juga akan mengkaji ulang Memorandum of Understanding (MoU) antara PT. DJL dengan pemilik lahan terkait perjanjian bagi hasil.

Khusus pembagian bagi hasil, saat ini terjadi pro kontra antara warga pemilik lahan. Sebagian menyepakati bagi hasil 60 persen untuk perusahaan dan 40 persen pemilik lahan. Dimana dalam 40 persen hak pemilik lahan tersebut masih lagi harus dikeluarkan 30 persen untuk perusahaan dan 70 persen bagi pemilik lahan. ” Katakanlah hasilnya satu juta rupiah. Dari jumlah tersebut 600 ribu untuk perusahaan dan pemilik lahan 400. Tapi dari 400 ribu tersebut masih lagi harus dikeluarkan 30 persen untuk perusahaan dengan alasan biaya pemeliharaan tanaman. Yang menjadi hak murni pemilik lahan 70 persen atau sekitar 200 ribuan rupiah saja. Kesepakatan ini diterima sebagian pemilik lahan tapi ada juga yang menolak. Inilah yang akan dicari solusi terbaiknya,” kata politis PAN tersebut.

Parmin menambahkan, warga yang berunjukrasa beberapa hari lalu adalah pemilik lahan yang meminta MoU bagi hasil ditinjau ulang karena dinilai merugikan. Sementara mereka yang sepakat dengan MoU tersebut saat ini tengah menerima pembayaran bagi hasil dari pihak perusahaan. Menyangkut tumpang tindih kepemilikan lahan, Asisten I Pemkab Kolaka, Andi Ahmad mengatakan hal tersebut menjadi masalah setelah terbukanya perkebunan kelapa sawit. ” Padahal batas desa sudah diukur dan ditentukan  pemerintah kabupaten. Tapi masing-masing kepala desa masih juga saling mengklaim. Inilah yang menyebabkan tumpang tindih kepemilikan lahan,” terang Andi Ahmad. (cr3)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: