Marak, Perusakan Hutan Bakau di Muna

Kendari Ekspres, Sultra Ekspres 2010-06-16 / Halaman 16

Hutan bakau di Kabupaten Muna terus menyusut, bahkan terancam hilang. Anggota DPRD Muna dari Fraksi PAN, La Ode Koso menyatakan, telah terjadi perusakan hutan bakau (mangrove) di Kabupaten Muna secara sistematis termasuk di kawasan hutan konservasi.

La Koso menyatakan hal itu setelah melakukan peninjauan kawasan hutan bakau di bebe-rapa lokasi, di antaranya di Desa Oensuli, Kombikuno Kecamatan Napano Kusambi dan Desa Mamuntu Kecamatan Tiworo Tengah.

Dia mengatakan, adanya pengrusakan hutan bakau dalam kawasan hutan konversi secara sistematis karena hutan bakau itu dikonversi menjadi tambak. Dari temuan lapangan di Oensuli hutan bakau dalam kawasan hutan konservasi menjadi tambak yang pemiliknya mayoritas pejabat di lingkungan Pemkab Muna.

“Berdasarkan peta dari Dinas Kehutanan, tambak milik para pejabat Pemkab Muna itu sebelumnya adalah kawasaj hutan bakau konservasi”, katanya.

Sementara itu, untuk di lokasi Desa Kombikuno dan Mamuntu, kata La Koso, saat ini telah dilakukan perambahan hutan bakau dan dipatok masyarakat pendatang dari luar.

Informasi yang dihimpun La Koso dari masyarakat setempat menyebutkan, jika lahan bakau tersebut sudah akan berubah jadi tambak dalam waktu dekat ini.

“Terjadinya pengambil alihhan kawasan hutan bakau tersebut akibat adanya konspirasi antar elit setempat seperti kepala desa dan juga camat. Tidak mungkin orang luar tiba-tiba datang mencaplok kawasan hutan tanpa restu dari pemerintah setempat. Padahal itu juga masuk kawasan hutan konservasi”, katanya.

Dia mendesak Dinas Kehutanan agar berbuat maksimal untuk menjaga hutan bakau yang berada dalam kawasan hutan konservasi, karena kawasan itu dilindungi sebagai kawasan penyangga, baik dari bahaya abrasi maupun penyerapan air.

“Kalau kawasan itu tidak dijaga dengan baik, maka kedepan bakau akan punah dari daratan Muna. Kita tunggu saja bahaya abrasi akan mengancam”, katanya. *P3/B/MUR

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: