RT Harus Ganti Pohon

Kompas, Metropolitan 2010-06-15 / Halaman 26

Lantaran memberi izin menebang pohon di area taman, Ketua Rukun Tetangga 08 Rukun Warga 04, Pondok Labu, Cilandak, Herman Winanta terancam sanksi. Dia terancam harus mengganti menanam pohon mahoni yang ditebang di taman tersebut.

Suku dinas pertamanan tidak mengeluarkan izin penebangan pohon di Taman Wijaya Kusuma, Kelurahan Pondok Labu. Pohon yang ditebang adalah mahoni (Swietenia mahagoni).

Selain Herman, penebang pohon, yaitu pekerja harian lepas, Suku Dinas Pertamanan Jakarta Selatan juga terancam sanksi. Mereka diduga menyalahgunakan kewenangannya menebang pohon tanpa izin resmi.

”Penebangan pohon mahoni di Taman Wijaya Kusuma tanpa izin dari kami. RT setempat tidak berhak memberi izin menebang pohon itu ke siapa pun. Setelah kami minta keterangannya, dia mengakui izin itu dari dia,” ujar Kepala Suku Dinas Pertamanan Jakarta Selatan Heru Bambang, Senin (14/6) di Jakarta.

Ia mengatakan, pohon-pohon yang ada di taman dilindungi Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

Sanksi penggantian pohon disesuaikan dengan berapa pohon yang ditebang. Setiap satu batang pohon, penebang atau pemberi izin penebangan wajib mengganti 10 batang pohon serupa dengan ketinggian minimal 3 meter berdiameter 10 cm.

Petugas Suku Dinas Pertamanan meminta keterangan Herman di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Jalan Prapanca.

Kepada petugas, Herman mengaku mengizinkan penebangan tiga batang pohon saja. Namun, dalam investigasi petugas suku dinas pertamanan, terdapat tujuh pohon yang sudah ditebang orang.

Pengamatan Kompas, pohon yang ditebang, baik sampai dasar batang maupun tidak, lebih dari tujuh pohon.

Kepada petugas, Herman mengaku hanya memberi izin penebangan pohon yang keropos untuk menghindari pohon tumbang saat cuaca buruk. Untuk mengecek kebenaran informasi Herman, dia akan memberikan keterangan berikutnya kepada petugas Dinas Pertamanan Provinsi DKI Jakarta, Selasa.

”Kami tidak main-main, mereka yang menebang dan memberi izin penebangan harus bertanggung jawab,” katanya.

Taman Wijaya Kusuma adalah salah satu dari sekitar 300 taman di Jakarta Selatan yang berada di lahan seluas 900 meter persegi. Selain ditumbuhi pohon mahoni, di taman ini juga terdapat sarana olahraga dan permainan anak. Pada sore hari, banyak pengunjung di Taman Wijaya Kusuma. Mereka memanfaatkan waktu senggang dengan berolahraga, bermain, atau sekadar duduk di bangku semen di dalam area taman.

Cuaca buruk

Rizki (40), warga setempat, menghabiskan waktu luang bersama dua anaknya, Fatih (11) dan Alia (6). Rizki baru menyadari jika sejumlah pohon di taman tersebut ditebang. Menurut dia, Taman Wijaya Kusuma menjadi kurang rimbun. Dia memahami jika alasan penebangan tersebut untuk menghindari pohon tumbang. Namun, dia menyayangkan sejumlah pohon yang masih kuat ditebang sampai hampir rata dengan tanah.

”Saya suka pergi ke taman ini bersama keluarga,” kata Rizki.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Selatan berencana memeriksa semua pohon yang berusia lebih dari 10 tahun. Pemeriksaan itu untuk mengantisipasi pohon tumbang ketika cuaca buruk. Suku dinas pertamanan melibatkan peneliti dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam kegiatan tersebut.

Petugas pemeriksa terlebih dahulu pohon tua yang ada di tepi jalan. Di Jakarta Selatan, ada sekitar 197.000 pohon dari beraneka jenis. Sekitar 3.000 pohon di antaranya berusia 10 tahun ke atas, sementara 1.102 pohon berusia lebih dari 50 tahun.

Antisipasi adanya pohon tumbang terkait dengan kondisi cuaca di wilayah Ibu Kota. Memasuki minggu terakhir pada Mei, berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, hujan sering turun di wilayah Jakarta Selatan, Utara, Barat, Timur, Pusat, dan Kabupaten Kepulauan Seribu. (NDY)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: