Hutan Konsel Terancam

Kendari Ekspres, Sultra Ekspres 2010-06-15/ Halaman 6

Abdul Halik, salah seorang anggota legislatif asal Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menyukan kepada semua lapisan masyarakat Konsel, untuk melestarikan hutan yang ada diwilayahnya itu. Menurutnya, beberapa kawasan hutan lindung di daerah itu, telah dialih fungsikan oleh oknum atau kalangan yang tidak bertanggung jawab, sehingga bahaya banjir kerap sejkali melanda daerah tersebut.

Misalnya saja, kata dia, banjir akibat air hujan yang terjadi di Kecamatan Laeya, belum lama ini yang merendam puluhan hekter sawah dan rumah masyarakat di daerah itu. Akibat naas tersebut, tidak sedikit warga masyarakat Laeya mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah. “Ini akibat ulah manusia yang tidak memperhatikan kelestarian lingkungan hutan”, tuturnya.

Lebih lanjut, Abdul Halik mengatakan, tidak sedikit hutan lindung yang ada di Konsel telah disalah gunakan, seperti hutan yang berada di kaki gunung Awulasi telah dialih fungsikan oleh masyarakat yang tidak bertanggung jawab. “Tadinya wilayah hutan itu adalah hutan lindung, kini menjadi lahan pertanian warga masyarakat”, bebernya.

Dengan aktivitas pertanian itu, hutan lindung sedikit demi sedikit semakin terkikis. Padahal tanpa disadari, penebangan liar hutan itu akan membawa malapetaka besar bagi masyarakat yang ada di wialayah tersebut. “Adanya perombakan hutan, tanpa kita sadari biota alam yang ada didalamnya ikut terancam, bahkan bisa punah akibat lingkungan mereka telah dimanfaatkan manusia ntuk lahan pertanian”, tukasnya.

Menurutnya, perombakan hutan yang ada di daerah Laeya sudah lama terjadi, dan ini bukan hanya aktivitas pertanian, namun didalamnya banyak juga terjadi illegal logging. Pemerintah daerah Konsel, khususnya dinas terkait seakan turut diam menanggapi persoalan itu. “Menjaga kelestarian kawasan hutan bukan hanya tanggung jawab Pemkab Konsel, tetapi menjadi tanggung jawab bersama masyarakat sekitar hutan, agar hutan yang ada di Kabupaten Konsel tetap terjaga dengan baik”, tambahnya. *Cr2/B/LEX

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: