Inkido Keberatan Penyataan Kadis LH Buton

Media Sultra, Ibukota 2010-06-09 / Halaman 6

Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) Sultra keberatan atas pernyataan Kepala Dinas (kadis) Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Buton, sulaeman Safaa. Inkindo menilai, pernyataan Sulaeman yang menyatakan, hanya konsultan Unhalu yang legal dalam perencanaan AMDAL sama saja membunuh konsultan lainnya diluar Unhalu.

Jetua Inkindo Sultan, H Sapiuddin meminta Kepala Badan Lingkungan Hidup agar mengklarifasi hal tersebut. Sebeb berdasarkan data dari Inkindo Sultra jumlah konsultan yang memiliki sertifikasi perencanaan AMDAL berjumlah delapan orang.

“Anggota Inkindo yang memiliki sertifikasi sudah cukup banyak. Dan mereka seluruhnya sudah legal dan sesuai dengan aturan seperti UU jasa konstruksi No 181999 tentang jasa konstruksi, peraturan LPJK no 12 a tahun 2008, serta UU No 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup”, kata Sapiuddin di ruang kerjanya, Senin (7/6).

Ditambahkannya, anggota Inkindo Sultra yang telah mengantongi sertifikat AMDAL ini seluruhnya sudah pernah mengerjakan perencanaan AMDAL. Jadi sangat tidak baik jika ada seorang kepala dinas yang menyatakan, kalau hanya konsultan Unhalu yang legal.

“Sangat tidak relefan kalau anggota Inkindo dinyatakan illegal, sebab proyek-proyek perencanaan, baik di provinsi  maupun di Kota Baubau sendiri sudah banyak yang dikerjakan oleh konsultan Unhalu yang legal.

Lebih jauh dikatakan Sapiuddin bahwa konsultan yang memiliki sertifikasi perencanaan AMDAL akan menderita kehilangan lapangan kerja kalau pernyataan seperti ini dikembangkan. Sebab dari segi pendapatan para konsultan bergantung dari sertifikasi perusahaan yang dimilikinya. (Cr-1/Ms-3)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: