Seribu Pohon Hijaukan P2ID

Kendari Pos, Metro 2010-06-07 / Halaman 11

Belakangan ini di Kendari sudah sangat sering terjadi banjir. Degradasi hutan dituding sebagai biang kerok permasalahan tersebut. Menyikapi hal tersebut, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Sultra bekerjasama Kendari Pos, dan instansi lainnya melakukan penanaman pohon di areal P2ID untuk memperingati gerakan penghijauan tahun 2010 yang jatuh 6 Juni.

Kegiatan yang dihadiri oleh Asisten II Setda Sultra H. Sattar mewakili Gubernur, Muspida, utusan Wali Kota Kendari dan Kendari Pos itu berlangsung dalam kondisi sederhana dan khidmat.

Dalam sambutannya, ketua DPD LDII Sultra, L. Kadir S.Pd, mengatakan peran serta masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup harus ditingkatkan. Karena itu kegiatan ini bertujuan untuk melakukan upaya dini pencegahan bencana alam banjir, meningkatan peran dan kepedulian masyarakat menjaga kelsetarian alam sebagai perwujudan rasa syukur kepada Allah SWT, dan mempererat jalinan ukhuwah islamiyah,” ujarnya.

Hal itu katanya selaras dengan tujuan LDII untuk turut serta dalam pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Kegiatan tersebut, selain bertujuan pencegahan dini terhadap bahaya banjir, juga sebagai media yang tepat untuk silaturahmi dan menuai kebajikan dengan menanam pohon. “Kegiatan ini menunjukkan bahwa berdakwah bukan hanya semata-mata bisa dilakukan di mesjid, tapi dapat juga dengan menanam pohon untuk mencegah erosi atau bencana alam,” tukasnya.

Acara tersebut ditutup dengan penanaman pohon secara simbolis yang dilanjutkan dengan penanaman seribu batang pohon akasia dan lainnya di areal P2ID Sultra. (cr2)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: