Pembudidaya Mutiara Keluhkan Pengeboman

Kompas, Nusantara 2010-06-04 / Halaman 22

Pembudidaya mutiara di Lembata mengeluhkan maraknya pengeboman ikan di seputar Perairan Lembata, Nusa Tenggara Timur. Pengeboman menggunakan tabung kompresor berisi potasium itu merusak terumbu karang dan membunuh semua jenis ikan di lokasi.

Beberapa pembudidaya mutiara terpaksa menghentikan aktivitas mereka sejak tahun 2007 dan beralih ke usaha lain. Padahal, prospek usaha mutiara di Lembata sangat menjanjikan.

Sony Ako (52), pengusaha budidaya mutiara di Lewoleba, Kamis (3/6), mengatakan, sejak 1972 ia terlibat budidaya dan penyelaman mutiara. Namun, pada 2007 ia menghentikan kegiatan itu karena pengeboman ikan terjadi di sekitar perairan Lembata.

Akibat pengeboman, usaha budidaya mutiara terganggu, bahkan rusak, sehingga tidak dapat dipanen. Ako rugi miliaran rupiah dan beralih ke usaha lain, seperti penginapan, rumah makan, dan travel.

”Kasus pengeboman tak hanya terjadi di kecamatan terpencil, tetapi juga di perairan seputar Kota Lewoleba. Namun, tidak ada tindakan tegas dari aparat keamanan,” kata Ako.

Jafar Kadir, nelayan Lewoleba, mengatakan, pengeboman ikan dilakukan nelayan dari luar Lembata. Biasanya dari Pulau Adonara, Solor, bahkan dari Maumere dan Alor.

Menurut dia, daya ledak kompresor sampai kedalaman 30 meter dan meluluhlantakkan semua biota laut. ”Ikan-ikan kecil, termasuk telur ikan, dan terumbu karang hancur,” katanya.

Kepala Polres Lembata Ajun Komisaris Besar Marthin Johannis mengatakan, pihaknya sering mendapat laporan tentang pengeboman ikan, tetapi sering tidak benar. Misalnya, laporan mengenai pengeboman ikan di laut Kecamatan Nagawutun. Saat tim turun, ternyata nelayan hanya menangkap ikan menggunakan pukat. Polres Lembata juga tidak memiliki kapal patroli. (KOR)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: