Jalan Rusak dan Drainase Buruk di Pinggiran Kota Tangerang

Kompas, Metropolitan 2010-06-02 / Halaman 25

Kondisi daerah pinggiran Kota Tangerang yang aksesnya menuju kota Jakarta cukup memprihatinkan. Selain ruas jalan berlubang dengan tingkat kerusakan yang berbeda-beda, drainase di sejumlah tempat tersebut juga buruk. Akibatnya, arus lalu lintas sering macet dan menambah kekumuhan di wilayah itu.

Dari pantauan Kompas pada Selasa (1/6), daerah pinggiran Kota Tangerang yang kondisinya cukup memprihatinkan itu, antara lain, adalah di jalur Ciledug ke Kebayoran Lama (Jakarta Selatan), jalur Pojok (menuju Meruya, Kebon Jeruk, dan Joglo), ruas Karang Tengah (Puri Kembangan), Petir (Duri Kosambi), serta Cipondoh dan Poris Palawad (Batu Ceper) menuju Kalideres di Jakarta Barat.

Ruas Jalan Maulana Hasanuddin, Cipondoh, menuju arah Batu Ceper dan selanjutnya ke Kalideres rusak parah akibat pembangunan jalan yang setengah hati. Pembangunan dan peningkatan jalan beton yang sepenggal-sepenggal di sisi kanan badan jalan itu membuat jalan aspal lainnya bertambah rusak. Akibatnya, di poros jalan dari arah Cipondoh- Batu Ceper serta Cipondoh-Poris dan sebaliknya sering macet dan berdebu.

”Naik angkot yang lewat di sini, perut jadi sakit. Apalagi kalau naik sepeda motor. Selain perut sakit karena jalan rusak, kaki dan badan jadi pegal,” kata Mariyan (27), warga Cipondoh.

Drainase buruk

Drainase di wilayah Karang Tengah sangat buruk. Sebagian besar drainase, mulai dari perempatan Ciledug sampai Puri Kembangan, penuh sampah dan lumpur. Bahkan, ada drainase yang sudah tertutup sampah dan lumpur.

Drainase buruk juga terjadi di di Jalan Raya Ciledug, termasuk di pertigaan menuju Jalan Haji Mencong. Buruknya drainase juga terlihat di Jalan HOS Cokroaminoto atau Jalan Raya Ciledug hingga perbatasan dengan kota Jakarta di Petukangan.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kota Tangerang Maryoris Namaga mengakui adanya sejumlah titik jalan rusak dan drainase yang buruk di daerah yang aksesnya menuju kota Jakarta. Menurut Maryoris, dalam waktu dekat, jalan dan drainase itu akan diperbaiki.

”Dari rapat dengan lurah dan camat se-Kota Tangerang, Senin (31/5), Wali Kota sudah memerintahkan agar mereka menginventarisasi jalan-jalan rusak yang ada di wilayahnya,” ujarnya. (PIN)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: