2012, Wakatobi Bebas Sampah Plastik

Kendari Pos, Bumi Anoa 2010-06-02 / Halaman 6

Demi mendukung semangat pariwisata di Wakatobi, tahun 2012 mendatang daerah itu akan bebas dari sampah plastik. Niat tersebut mulai dibuktikan dengan melakukan gerakan bebas sampah plastik di Lapangan Terminal Parkir Pasar Sentral Wangi-Wangi, kemarin. Bupati Wakatobi, Hugua mengatakan semua PNS di lingkup Pemkab, Camat, Kepala Desa dan Lurah dan masyarakat umum lainnya agar dapat berperan serta dalam memerangi sampah plastik.

“Kesan pertama yang dinilai masyarakat dari luar adalah masalah kebersihan. Semua pihak diharapkan dapat berperan serta dalam gerakan bebas sampah plastik tahun. Ember plastik yang sudah bocor jangan dibuang, kalau masih bisa digunakan jadikanlah sebagai tempat penampungan sampah. Plastik sangat berbahaya dan tidak seperti sampah kulit atau sejenisnya yang bisa bertahan paling lama sebulan karena akan hancur membusuk. Sedang sampah plastik tidak akan hancur meskipun bertahun-tahun lamanya. Ke depan saya berharap agar tidak ada lagi sampah plastik baik di darat maupun di laut,” himbau Hugua.

Bupati Hugua bersama para pegawai dan masyarakat pasar langsung menuju lokasi pasar sentral untuk membersihkan sampah plastik di los-los pasar. Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Wakatobi, Muh Ihsan mengatakan, pihaknya sudah merancang waktu bersih lingkungan untuk semua masyarakat selama dua jam di pagi hari. Kegiatan dimulai Pukul 06.00 Wita hingga Pukul 08.00 Wita. Begitu juga untuk menjaga agar tidak membuang sampah di laut, akan arahkan pembuatan tong sampah disemua kapal masyarakat, terutama kapal pengangkut penumpang yang melayani seperti angkutan Baubau-Wakatobi-Kendari. (cr1)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: