Bendungan Konaweha Diplot Rp 4 Triliun

Kendari Pos, Bumi Anoa 2010-03-09 / Halaman 5

Kendari, KP

Satu lagi, konsep mega proyek digagas di Sultra. Rencananya, sebuah bendungan berdimensi besar akan dibangun pada hulu sungai Konaweha,Desa Pelosika, Kecamatan Abuki, Konawe. Akhir pekan lalu, tim kesultanan Jepang, Nippon Koei bersama dinas PU Sultra dan Balai Wi8layah Sungai Sulawesi IV malakukan survey awal untuk mengambil data pendukung pembangunan jembatan.

Tak sekedar mewah, dalam draft Nippon Koei, bendungan tersebut nantinya di buat multiguna. Selain menjadi penyokong utama saluran irigasi pertanian rakyat dan sumber pengolahan air bersih, bendungan tersebut juga diupayakan menjadi sumber PLTA yang menghasilkan daya sebesar 90 Mega Watt.

Kadis PU Sultra, Doddy Djalante memperkiran, dana yang dibutuhkan untuk proyek tersebut menembus angka sekitar Rp 4 tyiliun. “Dana tersebut akan  kita usahakan dari LOAN.Pemerintah Jepang sudah menunjukan gerak cepatnya untuk melakukan survey pembangunan bendungan tersebgut. Kita harapkan ini juga akan ada reaki dari pemerintah,” ujarnya. Doddy berusaha memberikan gambaran mengenai bentuk bangunan tersebut. Katanya meski menelan biaya besar, namun konstruksi irigasi tersebut tidak memanjang seperti umumnya. Hal ini karena bentuk hulu sungai Kenaweha yang menyerupai huryf V.

Sementara itu Kapala Balai Wilayah Sungai Sulawesi IV, Bistok Sigalingging menambahkan, bendungan tersebut akan menjadi sistem irigasi bagi 34 ribu hekter lahan pertanian di Konawe, Kolaka dan Konawe Selatan, jumlah tersebut di luar 11 ribu hekter yang saat ini sudah dilayani sungai Konaweha.

Advertisements

2 Responses

  1. Pembangunan Bendungan Pelosika perlu untuk sebuah peradaban tapi jangan sampai merusak peradaban yang sudah ada,bahkan sdh berabad-abad lamanya.

  2. KAMI SIAP INVEST UNTUK MENDANAI DAN MENGERJAKAN PROYEK TSB. SEKALIGUS MENGOPERASIKAN PROYEK PLTA N AIR MINUM.
    SILAKAN HUB SY DI NOMER 085227649687 & 081226641734

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: