Baubau Sejengkal di Bawah Pusat Wakatobi

Kendari Ekspres 2009-07-22/Baubau Ekspres: Hal 9

Baubau– Wisata pantai Lakorapu memiliki hamparan pasir putih sepanjang kurang lebih 2 kilometer dan terumbu karang. Kalau Wakatobi jantung dan pusat wisata terumbu karang di dunia, Baubau akan mengambil sedikit dibawah pusat terumbu karang. Begitu dikatakan Walikota Baubau, Drs MZ Amirul Tamim MSi kepada sejumlah wartawan disela-sela acara bakar-bakar ikan di Pantai Lakorapu, Pulau Makassar Kota Baubau, kemarin.

” Disini (Pantai Lakorapu, red) cukup lengkap, antara lain punya karang, punya pantai yang bisa menjadi tempat permainan laut. Kita ingin bagaimana memperkaya objek wisata di kota Baubau.

Kita sudah punya pantai Nirwana, pantai Lakeba, pantai Kamali, bukit Wantiro, punya cekdam yang ada disungai, air jatuh Samparona dan masih banyak lagi. Kita harus tambah lagi objek-objek wisata, kita punya Lakorapu di pulau Makasar,” ungkap Amirul Tamim.

Amirul mengatakan, Festival Perairan Pulau Makasar (FPPM) yang sudah dua kali digelar di Pulau Makassar Kota Baubau diharapkan dapat menambah manfaat yang besar bagi masyarakat Pulau Makasar khususnya, dan Masyarakat kota Baubau pada umumnya.

” Yang tidak kalah pentingnya adalah, bagaimana dengan objek wisata pantai Lakorapu pulau Makassar ini, masyarakat dapat menambah manfaat yang besar. Antara lain, jasa angkutan laut yang mereka jadikan bukan hanya mengangkut orang Pulau Makasar pulang pergi.

Tapi bagaimana mengangkut orang Baubau atau dari mana saja untuk berwisata kepantai Lakorapu,” terang Amirul soal potensi yang bisa dikembangkan di Pantai Lakorapu.

Menurut dia, masyarakat Pulau Makasar bisa menjajahkan makanan sekaligus bersama-sama menjaga karang-karang yang ada pantai Lakorapu, karena sejak beberapa tahun lalu, Pantai Lakorapu merupakan areal pemboman ikan yang banyak mengakibatkan karang-karang rapuh dan punah.

” Dua tahun terakhir ini kita sudah coba memelihara dan menjaganya. Kita sudah saksikan tadi dengan para wisatawan asing dari pesisir pantai Lakorapu dengan karang lautnya. Saya katakan, kalau Wakatobi pusat karang segitiga dunia, biarlah kita dibawah pusatnya sedikit,” gurau Amirul.

Senada dengan Walikota Baubau, salah satu wisatawan asing mengatakan kalau dirinya sangat menikmati FPPM.

” Ini bagus sekali karena orang dari Baubau dan Puma berkumpul dan menikmati udara laut sambil menikmati ikan dan makanan lainnya. Saya senang sekali di sini, belajar tentang budaya disini. Saya harap festival ini akan di lanjutkan untuk masa depan karena punya potensi yang sangat bagus sekali,” tutur July yang mengaku berkebangsaan Amerika Serikat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: