Corremap II Wakatobi Gelar Seminar Raperdes DPL

Kendari Ekspres 2009-06-22/Hal 9 Baubau Ekspres

Mei 2009 lalu, Kabupaten Wakatobi melalui Coral Rehabilitation Managemen Project Phase II (Corremap), atau Program pengelolaan dan rehabilitasi terumbu karang telah menggelar Seminar Rancangan Peraturan Desa (Rapedes) Daerah Perlindungan Laut (DPL). Syahbuddin, SPi selaku koordinator kelembagaan Corremap II Wakatobi mengatakan kegiatan ini digelar disetiap desa yang menjadi binaan Corremap. Seminar ini dimulai dari Kecamatan Togo Binongko hingga di Kecamatan Wangi-Wangi.

Sebagai langkah awal Coral Rehabilitation Managemen Project Phase II (Corremap), dari 40 desa binaan se-Kabupaten Wakatobi telah ada 21 desa diantaranya yang memiliki Peraturan Desa tentang DPL. Penentuan lokasi yang dijadikan DPL ditetapkan bersama oleh warga desa setempat melalui pertemuan-pertemuan.

Sabtu (20/6), Syahbuddin ditemui pada saat pelaksanaan Seminar Raperdes yang digelar di Aula Kantor Camat Wangi-Wangi Selatan mengungkapkan bahwa, DPL ini nantinya akan menjadi kawasan yang tak boleh dikelola karena akan menjadi daerah pemijahan ikan. Di Kecamatan Wangi-Wangi Selatan ini, telah beberapa Desa yang memiliki Perda DPL masing-masing Desa Numana, Liya Togo, Liya Mawi, Matahora, Wisata Kollo dan Desa Kabita.

Syahbuddin, menambahkan pelaksanaan seminar semacam ini merupakan tindak lajut dari beberapa pertemuan tingkat desa, dalam seminar ini kita harapkan akan banyak masukan dari masyarakat desa yang akan dibicarakan bersama sehingga apa yang ditetapkan dalam Perdes nantinya sudah merupakan hasil kesepakatan tingkat desa. Sementara Corremap dalam hal ini hanya bertindak selalaku pasilitator.

Dalam Seminar Rancangan Peraturan Desa (Rapedes) Daerah Perlindungan Laut (DPL) ini, dihadiri oleh Camat Wangi-Wangi Selatan Nur Saleh SPd MM Pub, Konsultan Hukum Penda Wakatobi Abdul Qadar SH, serta dua konsultan dari Corremap Wakatobi Amuruddin S Kel MSi da La Ode Mansur SPi MSi. Sementara sebagai peserta dihadiri oleh para Kepala Desa/Lurah, BPD/LPM dari 21 desa yang ada di Wangi-Wangi Selatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: