Pemkab Wakatobi Peringati Hari Lingkungan Hidup

Kendari Pos 2009-06-08/Hal 1

5 Juni kemarin, Pemerintah Kabupaten Wakatobi memperingati hari memperingati hari lingkungan hidup, dalam bentuk upacara di Lapangan Kantor Bupati Wakatobi, dihadiri Wakapolres Wakatobi Kompol Sofian Modirono SSos, Sekretaris Daerah Kabupaten Wakatobi, Hardin Laomo SE, Perwira Penghubung 1413 Buton Kapt Inf Baharuddin, Komandan Pos AL Wangi-Wangi Sulihin, Kakandepag Wakatobi Jamaruddin SPdi, Para kepala SKPD se Wakatobi, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Wakatobi, Staf dan pegawai pemerintah Daerah serta Para Pelajar Tingkat SMA dan SMP.

Dalam upacara tersebut, Wakil Bupati Wakatobi Ediarto Rusmin BAE, membacakan sambutan dari Menteri Lingkungan Hidup mengatakan perubahan Iklim Global telah menyebabkan penurunan kualitas lingkungan hidup yang mempengaruhi kehidupan manusia di muka bumi. Hal ini diperkuat dengan bertambahnya jumlah penduduk dunia yang tidak seimbang dengan ketersedian sumber daya alam bagi pemenuhan kebutuhan akan pangan dan energi di berbagai negara.

Dalam menghadapi permasalahan tersebut, pada tahun 2009 ini, Lembaga Lingkungan Hidup Internasional atau United Nation Enviromented Programe, menetapkan tema hari lingkungan hidup 2009 sebagai Bersama Selamatkan Bumi Dari Perubahan Iklim. Tema ini mengajak semua pihak secara bersama baik masyarakat dunia, masyarakat dunia usaha, maupun pemerintah untuk berperan dalam upaya pengolahan lingkungan hidup. Sedangkan, pemerintah pusat dan daerah dapat membuat perubahan besar, dengan mengarutamakan lingkungan dalam seluruh kebijakan yang dikeluarkannya, dunia usaha sangat berperan dalam melaksanakan mekanisme produksi yang menjadi cermin kepedulian pengusaha dalam memberi andil dalam pengolahan lingkungan hidup, masyarakat secara nyata berkotribusi besar mengatasi dampak perubahan iklim dengan membuat berbagai gerakan masyarakat seperti penanaman dan pemeliharaan pohon, konservasi sumber daya alam, lahan, sungai maupun laut, pengunaan energi listrik dan bahan bakar secara arif, serta penerapan 3R reuse, reduce, recycle sampah. Hal terakhir yang merupakan pelaksanan UU No 18 tahun 2008 tentang pengolahan sampah dimana pengolahannya merupakan tanggung jawab kita bersama.

Sementara itu, Ediarto Rusmin BAE menambahkan peringatan hari lingkungan hidup ini sebagai revieuw kesadaran akan pelaksanaan pembangunan tentang sejauh mana keberpihakan rakyat terhadap lingkungan karena memang disadari masalah lingkungan hidup harus mendapat porsi berat mengingat hari demi hari beban bumi semakin berat. Seperti halnya, Wakatobi sebagai Kawasan Taman Nasional yang sebenarnya merupakan kawasan yang diploting untuk kawasan konservasi, apa yang kita lakukan di Wakatobi ini, adalah bagaimana kita mendorong progres konservasi sehingga apa yang dihadapkan dalam program itu dapat tercapai seperti kesadaran menjaga terumbu karang, kesadaran menjaga hutan ada, kesadaran tidak membuang sampah plastik, kesadaran mengenai tata cara penangan sampah rumah tangga sehingga tidak berdampak pada lingkungan, dan berbicara mengenai limbah di Industri tidak ada karena belum ada Industri disini.

Ediarto Rusmin BAE  menegaskan pemda telah berupaya menangani persoalan sampah di masyarakat. Pada tahun 2007 telah dilakukan pengolahan limbah termkasud sampah organik. Pihak pemda terus berupaya menambah fasilitas Laboratorium Lingkungan Hidup sehingga dapat digunakan pada tahun ini dan mendatang. Hanya saja pihaknya mendapat kendala dalam mengubah paradigma masyarakat akan kepedulian mereka terhadap lingkungannya. Untuk itu pihak pemerintah daerah terus berupaya meski diawali lewat Lomba Kebersihan Lingkungan Antar Desa, Rumah Tangga dan lainnya.

Sedangkan salah seorang perwakilan dari Badan Lingkungan Hidup, Iskandar F Daud mengajak semua pihak agar mencintai lingkungan kita, boleh membangun tapi perlu melihat aspek-aspek keberlanjutanya. Selain itu untuk masalah kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama dan harus ada pemahaman yang sama baik di kabupaten maupun di tingkat kecamatan agar tercipta Wakatobi Lestari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: