Pabrik Nikel Dibangun di Konsel

Kendari Ekspres, Ekobis Ekspres 2010-04-20 / Halaman 3

Dua pabrik tambang nikel kelas menengah bekal berdiri di Sulawesi Tenggara (Sultra). Yakni di Kabupaten Kolaka Utara dan Konawe Selatan (Konsel). Kemarin, peletakan batu pertama pembangunan perusahaan dilakukan pihak PT Integra Mining Nusantara di Desa Wonua Kongga, Kecamatan Laeya, Kabupaten Konsel.

“Kami dari pemerintah daerah mendukung investasi ini. Apalagi pebrik ini merupakan perusahaan lokal dan dirancang oleh putra Indonesia”, kata Bupati Konsel, Imran.

Langkah positif PT Integra Mining Nusantara, diharapakan bupati, dapat menjadi pemacu perusahaan lain. Tidak hanya mengkapalkan atau menjual nikel dalam bentuk bahan baku mentah. Namun, sudah melalui proses pengelolaan sehingga hasilnya lebih berharga.

“Disamping harga lebih tinggi, juga banyak kontribusi diberikan untuk daerah. Terutama dalam meyerap tenaga kerja lokal dan perekonomian warga setempat”, kata Imran.

Dalam pembangunan pabrik, bupati juga menjamin tak ada persoalan tanah dengan warga pemilik. Demikian halnya dengan pembuatan dermaga atau pelabuhan untuk mengkapalkan produksi nikel, tak berada di hutan bakau. Semua telah melalui produser.

Hal senada dikatakan Kepala Perwakilan PT Integra Mining Nusantara Konsel, La Ode Aswandi. Menurutnya, dalam pendirian perusahaan telah mengantongi IUP (ijin usaha pertambangan). “Tidak ada persoalan lagi. Sudah melalui amdal dan persoalan tanah sudah selesai”, katanya.

IUP lahan seluas 400 hekter tidak masuk dalam kawasan hutan, sebagaian adalah lahan penduduk, tetapi semuanya sudah dibebaskan dalam bentuk ganti rugi. Industri pengolahan bijih nikel ini diperkirakan akan berproduksi pada Agustus atau September mendatang. Tingkat produksinya mencapai 1.500 hingga 1.800 ton per bulan dalam bentuk vero nikel. Dengan investasi awal senilai 30 juta U$.

Sedangkan dalam perekrutan tenaga kerja diutamakan penduduk lokal. Tahap pertama sudah terjaring 50 orang untuk tenaga pembangunan pabrik. Tahap kedua rencananya bakal direkrut 85 orang lagi.

Sementara itu, hadir dalam acara peletakan batu pertama adalah Wakil Bupati Konsel, Sutoarjo Pondiu, Sekertaris Daerah setempat, Sarjum Mokke, dan pejabat teras lainnya. Kemudian dari dinas perindustrian dan perdagangan Sultra serta pejabat Muspida lainnya.

About these ads

4 Responses

  1. informasi sangat membantu….

  2. terimakasih informasinya!!!
    ini sangat memberi motivasi kpada saya untuk terus belajar!!
    apalagi sy adalah putra daerah yg sementara menggali ilmu di geofisika UNHAS

    salam hormat
    Syaeful Akbar

  3. g mn kelnjutan pembangunannya…………………..???
    bis xmpe skrang g ada perkembangan…………..!!!

  4. Wah,,itu yg lebih baik,,itu bru namanya penambang,,tdk mikirkn diri sendiri tpi mikirin jg orang lain,,mudahn perusahaan penambang nikel yg lain ikuti ini thanks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: